5 Cara Mudah untuk Membuktikan Kamu Cinta Bumi


22 April diperingati sebagai Hari Bumi (Earth Day) di seluruh dunia. Hari bumi sendiri merupakan hari pengamatan tentang bumi dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di belahan Bumi utara dan musim gugur di belahan Bumi selatanHari bumi juga hari di mana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.



Hari bumi hendaknya bukan hanya hari seremonial belaka. Kita seharusnya turut berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga bumi kita:

1. Menghemat pemakaian listrik
Penggunaan listrik yang berlebihan sama saja dengan membuang bahan bakar fosil yang dibutuhkan dan merupakan penyumbang pencemaran udara hingga 40%. Oleh karena itu, kita harus menghemat penggunaan listrik dengan cara:
   - Mematikan lampu di siang hari 
   - Mencabut peralatan listrik yang tidak dipergunakan
   - Memakai peralatan elektronik yang hemat energi



2. Meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi
Kita dapat mengurangi polusi udara dengan menggunakan transportasi umum, naik sepeda, atau berjalan kaki. Selain mengurangi CO2, bersepeda dan berjalan kaki sangat baik untuk kesehatan. Kita juga bisa membantu mengurangi kemacetan dan dapat berinteraksi dengan orang-orang sekitar apabila menggunakan transportasi umum.



3. Mengurangi penggunaan kertas dan tissue
Kertas-kertas yang biasa kita gunakan untuk menulis dan membaca berasal dari pepohonan. Semakin banyak penggunaan kertas, maka semakin banyak juga pohon-pohon yang ditebang. Kita dapat mengurangi penggunaan kertas dengan:
   - Menggunakan kertas daur ulang
   - Memfotokopi kertas dengan bolak-balik 
   - Menggunakan kertas dan buku digital
   - Menggunakan sapu tangan / handuk kecil untuk mengelap keringat atau mengelap              keringat.



4. Mengurangi penggunaan plastik
Butuh waktu yang amat sangat lama untuk bisa mengurai plastik. Bahkan apabila daur ulang pun, kandungan racun petro-polymers dalam plastik bisa masuk ke dalam tanah dan air. Kita sebaiknya membawa kantong tas dari rumah untuk berbelanja.



5. Menanam pohon
Sesuai dengan tema yang diangkat pada Hari Bumi tahun ini yaitu “Trees for the Earth”, kita diajak untuk menanam setidaknya satu pohon. Targetnya, pada tahun 2020 nanti akan ada 7,8 miliar pohon baru di Bumi. Kita bisa turut berkontribusi dengan menanam tanaman atau di perkarangan rumah kita. Bayangkan jika jalanan di Jakarta dipenuhi dengan pohon-pohon rindang, oksigen yang kita dapatkan pasti lebih maksimal dan bisa mengurangi panas yang sering kita rasakan di siang hari. 

Sumber referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Bumi

http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/04/yuk-jadi-pahlawan-penyelamat-bumi
https://blog.tokopedia.com/2015/08/5-cara-sederhana-untuk-mencintai-bumi-kita/


Tulisan ini disumbangkan untuk menjadi artikel di situs Si-Nergi

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kepedulian BUMN untuk Warga Bengkulu