Keadaan Lingkungan Saat Ini

Hari lingkungan hidup diperingati setiap 5 Juni pada setiap tahunnya dengan tujuan meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet bumi. Kondisi lingkungan Indonesia saat ini buruk dan memprihatinkan. Banyak daerah di sekitar tangkapan air terjadi penggundulan hutan, dan praktek pengolahan tanah yang menyalahi aturan, ungkap Djoko Kirmanto, Menteri Pekerjaan Umum (PU).

Selain itu, bumi saat ini semakin kehilangan sumber daya air, udara, dan tanah, ekosistem yang semakin rusak dan punahnya flora dan fauna. Oleh karena itu, manusia wajib untuk menjaga dan merawat kelestarian lingkungannya, tetapi justru kenyataan yang terjadi sekarang sangat berbanding terbalik dengan harapan. Manusia seharusnya melindungi lingkungan hidupnya, tetapi karena keserakahannya, manusia terus-menerus mengambil, mengelola, dan menggunakan apa yang terkandung di lingkungan alam tanpa memperhatikan efek sampingnya.
PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) membantu mengurangi kerusakan lingkungan dengan mengkonversi pengunaan elpiji menjadi gas bumi. Keunggulan gas bumi disbanding elpiji adalah aman, bersih, ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi, terjamin pasokannya dan harganya jauh lebih murah dari elpiji. Dengan menggunakan gas bumi, masyarakat juga membantu pemerintah untuk mengurangi pengeluaran negara untuk membayar biaya subsidi atas penggunaan elipiji ukuran 3 kg.
Gas bumi sendiri merupakan gas yang berasal dari hasil penambangan di kilang sumur gas. Komponen utama dari gas alam adalah metana (CH4) yang merupakan molekul hidrokarbon terpendek dan teringan. Dari hasil penambangan tersebut gas bumi kemudian dimurnikan dengan cara dipisahkan dari kotoran-kotoran. Gas hasil pemurnian tersebut kemudian disalurkan ke stasiun gas melalui pipa gas bumi. Berat jenis gas bumi lebih ringan dari udara sehingga ketika terjadi kebocoran gas akan bergerak bebas ke udara.


Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Link referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Lingkungan_Hidup
http://pgn.co.id/en/listevent/event/news/events/0/1/126/1451602800/1

Comments

Popular posts from this blog

Wisata alam Dieng

PGN Terus Sebarkan Energi Baik Gas Bumi ke Penjuru Tanah Air

5 Objek Wisata Tercantik di Raja Ampat